Tips Sehat Puasa Saat Pandemi dan Manfaatnya Bagi Kesehatan


puasa saat pandemi

Tidak dipungkiri bahwa saat ini, kita semua tengah berdamai dengan wabah Corona Virus. Terhitung 2 tahun sudah dilewati bersama dengan masker dan hand sanitizer. Tidak terasa kita juga sudah melewati 2 periode Bulan Suci Ramadhan, artinya kita sudah 2 kali berpuasa saat pandemi.

Ada banyak kekhawatiran bagaimana menjalani puasa ditengah maraknya penyebaran virus. Munculnya ketakutan bagaimana nanti asupan gizi yang akan kita konsumsi jika waktu makannya terbatas. Nyatanya Coy, puasa itu menyehatkan dan memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh kita sekalipun sedang pandemi.

Manfaat Puasa bagi Kesehatan

Coy, sebelumnya mari kita sama-sama membahas tentang manfaat dari puasa itu sendiri. Agar kita semua paham dan mengusir segala kekhawatiran yang bersumber dari setan itu hihihi. Nah, manfaatnya apa saja?

1. Meningkatkan Spiritualitas

Puasa sendiri menjadi kewajiban bagi seorang muslim yang telah baligh, dan puasa juga merupakan perintah yang terdapat dalam Qur’an Surat Al-Baqarah ayat 183 
"Wahai orang-orang yang beriman! Diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang sebelum kamu agar kamu bertakwa."
Termasuk dengan membangun kebiasaan baru seperti merutinkan mengaji, shalat malam yang seperti ini susah dikondisikan diluar bulan Ramadhan.

2. Sebagai Detoksifikasi Tubuh dan Pembakaran Lemak yang Efektif

Selain baik untuk meningkatkan spiritual kita, puasa itu juga berfungsi sebagai detoks alami. Selain detoks tubuh kita juga akan membakar lemak yang ada dalam tubuh kita sebagai cadangan energi yang kita gunakan pada siang hari.

3. Membangun Kebiasaan Hidup Sehat

Intermitten Fasting atau yang biasa kita kenal dengan diet OCD ini juga memiliki konsep yang sangat mirip dengan berpuasa syar’i. Bedanya hanya pada diet OCD diperbolehkan mengonsumsi minuman atau apapun yang mengandung 0 kalori sedangkan puasa syar’i hanya diberbolehkan saat waktu puasa selesai.

Karena hanya diperbolehkan makan pada saat adzan maghrib berkumandang, tentunya mulut kita ini tidak akan banyak menggiling makanan tidak sehat. Apa yang kita konsumsi sangat terbatas, meski menahan lapar seharian tapi kita akan mudah kenyang bukan Coy saat berbuka dengan sepiring nasi dan lauk saja.

Jangan lupa Coy, kalian harus minum air putih 500ml saat berbuka puasa ya, supaya kenyang dan makannya pun lebih sedikit hihi.

Diluar ketiga hal diatas, puasa masih punya banyak manfaat yang banyak ya Coy. Dengan begitu tidak ada alasan lagi untuk khawatir jika berpuasa saat pandemi ini imun tubuh kita akan melemah, justru sebaliknya.

Tips Puasa Sehat Saat Pandemi

Untuk mengoptimalkan puasa kita, kita harus tahu apa saja yang baik dikonsumsi. Supaya kita bisa meraih banyak keuntungan saat puasa ini seperti berat badan turun, tubuh semakin sehat dan tidak mudah lelah.

1. Minum Air Putih yang Banyak

Karena kita hanya bisa minum di waktu tertentu, kita harus pintar-pintar menentukan kapan kita harus minum agar tidak dehidrasi saat berpuasa. Dan waktu untuk minum air putih yang baik adalah pada jam-jam berikut

Waktu

Banyaknya

Sahur

1000 ml 

Buka Puasa

500 ml

Setelah Salat Maghrib

500 ml

Setelah Shalat Isya

500 ml

Sebelum Tidur

500 ml

Total                                                                       3000 ml                          

Dengan begitu kebutuhan minum 3 liter kita akan terpenuhi, meski harus ke kamar mandi berulang kali, apalagi selepas sahur hihi.

2. Menghindari Kafein Saat Sahur

Bagi kalian pecinta kopi jangan sekali-kalinya mengonsumsi ini pada saat sahur ya. Karena hal ini akan membuat tubuh kita dehidarsi parah. Lebih baik minum air putih saja. Tidak hanya kopi ya, tapi teh juga atau apapun yang mengandung kafein.

3. Mengonsumsi Kurma

Saat berbuka puasa setelah minum 500ml jangan langsung makan gorengan, tapi alangkah baiknya kita mengonsumsi buah ini, selain sunnah kurma juga mengandung prebiotik yang bagus untuk usus kita.

4. Mendahulukan Ibadah Daripada Nafsu Makan

Setelah mengonsumsi kurma, langsung bersiap-siap untuk wudhu dan shalat maghrib saja ya Coy, kalau kalian masih stay di meja makan pasti bakal laper terus. Dan pada akhirnya shalatnya jadi tidak khusyuk atau malah malas karena kekenyangkan.

5. Menghindari Gula-Gulaan

Inget ya, jangan minum apapun selain air putih saat buka, kecuali air kelapa tapi itu pun harus kelapa murni ya. Karena apa? Minuman manis yang mengandung gula banyak itu hanya akan membuat gula darah kita langsung melejit saat kondisi perut kita kosong. Kalau sudah begini jangan salahkan puasanya kalau imun kalian menurun ya.

Kesimpulan

Jadi puasa saat pandemi memiliki manfaat yang banyak ya bagi kesehatan tubuh, asal kita paham konsep tubuh kita dan bagaimana memberikan hak yang baik kepada tubuh kita setelah kita ajak menahan lapar dan haus seharian. Intinya jangan lupa harus banyak minum dan menghindari makanan tidak penting. Salam sehat Coys.

Posting Komentar