Postingan

Internet Sebagai Pertolongan Pertama Saat Sakit

Manfaat internet akan terasa sekali ketika dibutuhkan di waktu-waktu genting. Contohnya seperti saat seseorang sakit. Umumnya, orang-orang akan berselancar terlebih dahulu untuk mencari informasi tentang apa yang sedang dirasakan tubuh dan menemukan dirasakan tubuhnya dan menemukan probabilitas penyakit yang sedang dialami. Aku pun menyadari bahwa internet bisa dijadikan pertolongan pertama untuk warga yang awam dengan dunia medis.

Sumber Informasi

Bagi seseorang yang tinggal sendirian dan jauh dari keluarga seperti aku, internet merupakan salah satu hal terpenting. Beberapa waktu lalu, kondisi kesehatan aku sedang buruk. Berbagai pikiran aneh muncul di kepala aku sehingga menyebabkan kecemasan berlebih.

Sepulang kerja, aku langsung mencari informasi di internet terkait kondisi tubuh aku. Suhu tubuh yang tinggi, rasa menggigil, pusing dan mual adalah gejala yang aku alami. Awalnya aku pikir bahwa aku hanya sedang masuk angin biasa. Namun, setelah aku mencari informasi tentang gejala yang terjadi, ada kemungkinan bahwa aku memiliki asam lambung atau keracunan makanan. 

Setelah mencari informasi, tidak lama kemudian aku merasa ada yang tidak beres dengan perutku. Akhirnya aku bolak balik ke toilet untuk mengeluarkan isi perut. Akhirnya aku menyadari bahwa terdapat satu gejala tambahan yang aku rasakan yaitu diare.

Penghubung dengan pasien dengan tenaga medis

Setelah mengumpulkan informasi terkait gejala yang aku alami, akhirnya aku memutuskan untuk konsultasi ke dokter via online karena sudah terlalu lemas dan tidak berdaya untuk pergi ke dokter.


Dengan sisa tenaga yang mulai menipis, akhirnya aku download aplikasi konsultasi dokter online di handphone. Beruntung banget koneksi internet IndiHome yang notabene layanan milik Telkom Indonesia itu lancar dan memudahkan aku untuk terhubung dengan dokter via virtual.


Tidak berhenti di situ saja. Sewaktu membuat perjanjian konsultasi, para pasien perlu untuk membayar bill-nya terlebih dahulu. Gak jarang loh, ketika aku lagi pergi ke luar dan terpaksa menggunakan data, transaksi terkadang gagal karena jaringan internet yang gak stabil. Tapi karena posisi aku sedang di rumah, proses transaksi dapat berlangsung sat set sat set dan pembayaran berhasil dalam satu kali klik. 


Akhirnya, aku berhasil konsultasi dengan dokter. Aku pun mendapatkan diagnosa keracunan makanan. Setelah itu dokter meresepkan obat dan aku membelinya dengan layanan online tanpa perlu pergi ke apotek. Aku tidak bisa membayangkan kalau tidak ada jaringan internet waktu itu, pasti sesuatu yang lebih buruk akan terjadi karena aku hanya menganggapnya sebagai masuk angin biasa.


Internet berpengaruh pada kesehatan mental

Siapa sih yang nggak overthinking kalau kondisi tubuh sedang tidak fit? Menurut aku, minum obat pemberian dokter saja tidaklah cukup untuk membuat tubuh kembali menjadi sehat dan bugar. Tapi, mental dan pikiran juga memiliki peran penting dalam masa penyembuhan.


Untuk menghempaskan pikiran-pikiran yang seharusnya tidak dipikirkan itu, aku menonton berbagai video untuk menenangkan diri. Mulai dari video mental health sampai video-video oppa korea yang bisa membuat serotonin meningkat. 


Jujur, kalau jaringan internet gak stabil dan membuat agenda nonton ini terhenti, rasa kesal pasti muncul. Beruntungnya, aku pakai IndiHome, sehingga buffering atau lost connection itu nggak aku alami selama proses penyembuhan ini. Alhasil, dalam 2 hari aku bisa sembuh dan kondisiku mulai membaik.


Kesimpulan

Manfaat internet dalam dunia kesehatan bagi warga yang awam medis itu nyata buktinya. Apabila tidak mencari tahu di internet, mungkin kondisi tubuh akan menjadi semakin memburuk karena ketidaktahuan. 


IndiHome yang terkenal sebagai internetnya Indonesia ini menunjukkan kehebatannya dalam menolong orang yang hidup sendirian seperti aku ini. Kecepatan dan kestabilan jaringan internetnya berhasil menjembatani aku sebagai pasien untuk konsultasi dengan dokter via virtual dan membuatku sembuh dari penyakit.




Posting Komentar